Model Proses Bisnis
Model proses bisnis adalah serangkaian aktivitas dari proses
bisnis, dalam proses bisnis terdapat beberapa model proses dan kejadian yang di
jalankan seperti proses perolehan atau pembayaran, proses perubahan, proses
penjualan/ pengumpulan berikut ini penjabaran secara Singkatnya.
Proses Perolehan/Pembayaran
Proses perolehan / pembayaran adalah suatu proses memesan
barang/jasa yang dibutuhkan oleh organisasi tugas dari proses
perolehan/pembayaran ini adalah hanya menerima barang yang dipesan kemudian
membayarnya dan memeliharanya dan jika di butuhkan barang bisa disediakan dengan
segera
Proses Perubahan
Proses perubahan sangat beraneka ragam, tergantung pada barang/jasa
yang diproduksi, teknologi dan sumber daya yang digunakan, peraturan yang
berlaku, pemerintahan, lingkungan, atau pelanggan, sangat sulit untuk
digambarkan suatu proses perubahan yang umum, tapi pada dasarnya proses
perubahan adalah serangkaian aktivitas yang mengubah barang atau jasa yang
diperoleh menjadi barang atau jasa bagi pelanggan.
Proses Penjualan/Pengumpulan
Proses penjualan atau pengumpulan adalah rangkaian aktivitas yang
bertujuan untuk mengantarkan barang kepada pelanggan untuk mendapatkan bayaran,
proses penjualan atau pengumpulan ini adalah cerminan dari proses proses bisnis
perolehan atau pembayaran, ketika suatu kelompok memperoleh barang atau jasa maka
ada kelompok lain yang menjual barang tau jasa serta mengmpulkan pembayaran
Kejadian-kejadian Proses Bisnis
(Business Process Events)
(Business Process Events)
Merupakan serangkaian aktivitas dari suatu proses bisnis yang
bertujuan untuk mencapai suatu tujuan dari organisasi, suatu proses bisnis
terdiri dari bebrapa aktivitas dan Kejadian (event) merupakan suatu aktivitas
tunggal yang terdapat pada sebuah proses bisnis.
Tiga Jenis Kejadian
Setiap proses bisnis dapat dibagi ke dalam tiga jenis kejadian yang
berbeda, yaitu:
•
Kejadian-kejadian
Operasional
(Operating Events)
(Operating Events)
•
Kejadian-kejadian
Informasi
(Information Events)
(Information Events)
•
Kejadian-kejadian
Keputusan/Pengelolaan
(Decision/Management Events)
(Decision/Management Events)
Kejadian-kejadian Operasional
•
Adalah
aktivitas-aktivitas operasional yang dilakukan dalam suatu proses bisnis saat
menyediakan barang/jasa bagi pelanggan.
•
Contoh
kejadian-kejadian operasional pada proses bisnis penjualan/pengumpulan:
Kejadian 1: Memasarkan barang.
Kejadian 2: Menerima pesanan dari pelanggan.
Kejadian 3: Mengirimkan barang pesanan.
Kejadian 4: Menerima pembayaran.
Kejadian 1: Memasarkan barang.
Kejadian 2: Menerima pesanan dari pelanggan.
Kejadian 3: Mengirimkan barang pesanan.
Kejadian 4: Menerima pembayaran.
Kejadian-kejadian Informasi
Pada kejadian-kejadian informasi terdiri dari tiga aktivitas,
yaitu:
•
Mencatat
data tentang kejadian-kejadian operasional.
•
Memelihara
data yang penting bagi organisasi.
•
Melaporkan
informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan.
Kejadian-kejadian Keputusan/Pengelolaan
•
Adalah
aktivitas-aktivitas di mana para pimpinan membuat keputusan tentang
perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian proses-proses bisnis.
•
Contoh:
Pimpinan memutuskan untuk membuat produk baru.
Pimpinan memutuskan untuk membuka sebuah cabang baru.
Pimpinan memutuskan untuk membuat produk baru.
Pimpinan memutuskan untuk membuka sebuah cabang baru.
Keterkaitan Antar Kejadian Proses Bisnis
•
Kejadian-kejadian
keputusan/pengelolaan akan menentukan dan memicu kejadian-kejadian operasional.
•
Menjalankan
kejadian-kejadian operasional akan memicu kejadian-kejadian informasi untuk
mencatat dan memelihara data bisnis.
•
Kejadian-kejadian
keputusan/pengelolaan juga memicu kejadian-kejadian informasi, yaitu saat para
pimpinan meminta informasi sebelum mengambil keputusan.
Keterkaitan Antar Kejadian Proses Bisnis
Kejadian-kejadian Operasional Umum
Pada Proses Bisnis Perolehan/Pembayaran
•
Permintaan
barang/jasa yang diperlukan.
•
Pemesanan
barang/jasa yang diminta.
•
Penerimaan
barang/jasa yang dipesan.
•
Pemeriksaan
barang/jasa yang diterima.
•
Penyimpanan
dan pemeliharaan barang yang diterima.
•
Pembayaran
untuk barang/jasa yang diterima.
•
Pengembalian
(retur) barang yang tidak sesuai.
Kejadian-kejadian Operasional Umum
Pada Proses Bisnis Penjualan/Pengumpulan
Pada Proses Bisnis Penjualan/Pengumpulan
•
Menerima
pesanan barang/jasa dari pelanggan.
•
Memilih
dan memeriksa barang/jasa yang akan dikirim.
•
Mempersiapkan
barang/jasa yang akan dikirim.
•
Mengirimkan
barang/jasa kepada pelanggan.
•
Menerima
pembayaran untuk barang/jasa yang dijual.
•
Menerima
pengembalian (retur) barang dari pelanggan.
Aktivitas-aktivitas
Umum
Pada Proses Perubahan
Pada Proses Perubahan
•
Merakit
(assembling)
•
Menanam
(growing)
•
Menggali
(excavating)
•
Memanen
(harvesting)
•
Pabrikan
dasar
(basic manufacturing)
(basic manufacturing)
•
Pabrikan
akhir
(finished manufacturing)
(finished manufacturing)
•
Mengangkut
(transporting)
•
Menyalurkan
(distributing)
•
Menyediakan
(providing)
•
Mendidik
(educating)
•
Menemukan
(discovering)
Aliran Kerja (Workflow)
•
Aliran
kerja merujuk kepada pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang dilakukan oleh
anggota-anggota suatu kelompok kerja (workgroup) untuk mencapai beberapa
tujuan.
•
Yaitu
bagaimana suatu barang/jasa mengalir dari seseorang atau fungsi bisnis ke orang
atau fungsi bisnis lainnya.
•
Suatu
aliran kerja mungkin merupakan kombinasi dari kejadian-kejadian operasional,
informasi, dan keputusan/pengelolaan.
Baca : Studi Kasus Model Proses Bisnis
Baca : Studi Kasus Model Proses Bisnis
Model Proses Bisnis
Reviewed by Anam
on
8:15 AM
Rating:

No comments
Post a Comment