Pengertia SIM, SIA, IA dan SPK

Bagi yang mengambil Program Studi Sistem Informasi masti tidak asing dengan istilah SIM (sistem informasi manajemen), Sistem informasi akuntansi (SIA), “Kecerdasan Buatan (AI) dan juga Sistem pendukunng keputusan (SPK)  berikut ini pengertian singkat tentang SIM, SIA, IA dan SPK :



SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

  1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
  9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
  10. Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.


Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan suatu kerangka pengkordinasian sumber daya (data, meterials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan suatu entitas dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Mendefinisikan sistem informasi akuntansi (SIA) sebagai subsistem khusus dari sistem informasi manajemen yang tujuannya adalah menghimpun, memproses dan melaporkan informsi yang berkaitan dengan transaksi keuangan.
  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  2. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.” Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]:

  1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
  2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
  3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

Sistem pendukunng keputusan (SPK) Suatu sistem yg menyediakan sarana bagi para manajer
untuk mengembangkan informasi sesuai dengan
keputusan yg akan dibuat.
Tujuan dari SPK:
  1. Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
  2. Mendukung manajer dalam mengambil keputusan
  3. Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan
  4. Sistem pendukung keputusan menyediakan dukungan bagi pengambil keputusan terutama pada keputusan semi terstruktur dan tidak terstruktur dengan memadukan pertimbangan manusia dan informasi komputer.
  5. Dukungan disediakan untuk berbagai tingkatan manajerial, mulai dari top eksekutif sampai manajer.
  6. Dukungan disediakan bagi individu sebaik group.
  7. Sistem pendukung keputusan menyediakan dukungan kepada beberapa ketergantungan dan atau rangkaian keputusan.
  8. Sistem pendukung keputusan menyediakan semua fase proses pengambil keputusan: intelegensi, perancangan, pemilihan, dan implementasi.
  9. Sistem pendukung keputusan mendukung bermacam proses pengambilan keputusan dan gaya, yaitu kesesuaian antara sistem pendukung keputusan dan sifat individu pengambil keputusan.
  10. Sistem pendukung keputusan dapat menyesuaikan diri setiap waktu. Sistem pendukung keputusan bersifat fleksibel, sehingga pemakai dapat menambah, menghapus dan mengkombinasikan, mengubah atau mengganti elemen basis (menyediakan jawaban yang cepat untuk situasi yang tidak terencana).
 Semoga Artikelnya bermanfaat . Terimakasih


Pengertia SIM, SIA, IA dan SPK Pengertia SIM, SIA, IA dan SPK Reviewed by Anam on 1:33 PM Rating: 5

No comments