Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak RPL


Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Definisi Rekayasa
Engineering = rekayasa
Pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan ‘masalah praktis’
Dari tidak ada menjadi ada

Definisi Perangkat Lunak
Ada beberapa definisi perangkat lunak yang pernah dikemukakan antara lain :
•   Software  = Perangkat lunak

Kumpulan program komputer dengan fungsi tertentu
•   Perangkat lunak adalah
1. Instruksi (program komputer) yang bila dieksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu,
2. Struktur data yang dapat membuat program memanipulasi informasi,
dan
3. Dokumen  yang  menjelaskan  operasi  dan  penggunaan  program
(Pressman,1997).
•  Perangkat lunak adalah program komputer, prosedur, aturan, dan dokumentasi yang berkaitan serta data, yang bertalian dengan operasi suatu sistem komputer (IEEE,
1993).

Karakteristik Perangkat Lunak

Perangkat  lunak  lebih  dikenal  sebagai  elemen  lojik  daripada  fisik,  oleh  karena  itu perangkat lunak memiliki karakteristik yang berbeda dari perangkat keras :
1.   Perangkat  lunak  dikembangkan  atau  direkayasa,  jadi  tidak  diproduksi  dalam pengertian klasik.
2.   Merupakan produk yang unik (tidak ada seri produksi).
3.   Perangkat lunak tidak pernah akan rusak/aus karena selalu diperbaharui
4.   Tidak terlihat (invisible).
5.   Perangkat lunak pada umumnya dibangun sesuai keinginan, jadi tidak dibentuk dari komponen yang sudah ada.
6.   Fleksibel, sehingga mudah dimodifikasi.
7.   Dihubungkan (linked) dengan sistem komputer.

Definisi Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak (software engineering) adalah suatu proses rancang bangun. Beberapa definisi tentang rekayasa perangkat lunak :
• Pembentukan dan penggunaan prinsip rekayasa (engineering) untuk mendapatkan perangkat lunak secara ekonomis namun andal dan dapat bekerja secara efesien pada komputer (Fritz Bauer, 1968).
• Penerapan pendekatan yang sistematis, disiplin, dan terukur untuk pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak (IEEE, 1993).
• Suatu disiplin yang mengintegrasikan proses/prosedur, metode, dan perangkat tools untuk pembangunan perangkat lunak komputer (Pressman, 97).
• Merupakan aplikasi dari prinsip-prinsip sains untuk
Mengurutkan  transformasi  masalah  menjadi  solusi  yang  dapat  bekerja dengan baik
Urutan   pemeliharaan   perangkat   lunak   tersebut   sampai   tidak   dapat digunakan lagi (Alan M. Davis)

Proses RPL dimulai jauh sebelum “Coding” dilakukan dan berlanjut terus setelah versi awal  dari program selesai dikerjakan.
Jadi Kesimpulannya Rekayasa Perangkat Lunak adalah

Suatu di siplin Ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai memelihara system setelah di gunakan

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah :

Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya  tinggi, andal dan tepat waktu
Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis Platform.
Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.

Software Applications
System Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menjalankan perangkat keras dan sistem komputer.

Tujuan dari system software  adalah membatasi semaksimal mungkin programmer aplikasi dari kompleksitas sebuah komputer, terutama yang berhubungan dengan akses memori dan perangkat keras secara langsung.

Termasuk dalam kelompok ini adalah sistem operasi, driver perangkat keras, perangkat lunak pendiagnosa, windowing system, utilities dan lain-lain.

Application Software adalah perangkat lunak yang digunakan membantu manusia mengerjakan tugas-tugas tertentu (kadang tidak berhubungan dengan komputer.
Tipe-tipe application software antara lain, perangkat lunak otomatisasi industri, perangkat lunak bisnis, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak software, database, dan game komputer.

engineering/scientific software
Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software)
Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain.

embedded software
Perangkat lunak yang digunakan untuk  mengontrol suatu produk dan sistem dimana perangkat lunak tersebut disimpan. Biasanya ditempatkan di ROM, contoh Tombol di Microwave Oven
product-line software adalah sebuah manufacturisasi pembuatan dari sebuah perangkat lunak, dimana dalam pembuatan software digunakan konsep reuse dari pembuatan perangkat lunak.
WebApps (Web applications) adalah aplikasi yang diakses melalui jaringan seperti Internet atau intranet.

Istilah ini juga dapat berarti sebuah aplikasi software komputer yang host di lingkungan browser yang dikuasai (misalnya Java applet) atau dikodekan dalam bahasa yang didukung oleh browser (seperti JavaScript, dikombinasikan dengan sebuah bahasa markup yang diberikan seperti browser- HTML) dan bergantung pada browser web umum untuk membuat aplikasi dieksekusi. Contoh aplikasi web yang banyak digunakan misalnya Yahoo Mail, GMail, Google search engine, Friendster, YouTube, Flickr, WordPress, dan lain sebagainya.

AI software
Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software)
Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan, contohnya : game, expert sistem, neural network, Turbo Prolog, dan lain-lain.

Cognitive machine
Cognitive machine merupakan sebuah prangkat pintar yang memiliki kemampuan untuk mengambil informasi dari lingkungan kerjanya dan menggunakannya untuk membuat sebuah keputusan hal ini kurang lebih serupa dengan manusia berpikir. Cognitive machine menggunakan data yang telah dikumpulkan dan merespon terhadap rangsang atau input yang diberikan. Cognitive machine  bertujuan untuk:

1.  Membuat sistem otonomi termasuk interaktif fisik robot dan karakter sintetis dalam dunia maya yang mempelajari berkomunikasi dengan cara seperti manusia;
2. Memahami bagaimana anak-anak belajar untuk berkomunikasi melalui longitudinal dalam pengamatan vivo dan analisis;
3. Mengembangkan alat untuk memvisualisasikan, mencari, dan menganalisi corpora besar (misalnya, video) menggunakan model semantik tugas-dependen.Memotong benang tersebut penelitian ini adalah suatu kepentingan teoritis dalam memahami bagaimana struktur kognitif dan proses yang mendasari ketrampilan sosial seperti menggunakan bahasa yang didasarkan pada interaksi dengan dunia fisik / nyata.


Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak RPL Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak RPL Reviewed by Anam on 2:23 PM Rating: 5

No comments