Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak RPL
Definisi Rekayasa
Engineering = rekayasa
Pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan ‘masalah praktis’
Dari tidak ada
menjadi ada
Definisi Perangkat
Lunak
Ada beberapa definisi perangkat lunak yang pernah
dikemukakan antara lain :
• Software = Perangkat lunak
Kumpulan program komputer dengan fungsi tertentu
• Perangkat lunak
adalah
1. Instruksi
(program komputer) yang bila dieksekusi dapat menjalankan fungsi tertentu,
2. Struktur data
yang dapat membuat program memanipulasi informasi,
dan
3. Dokumen yang
menjelaskan operasi dan
penggunaan program
(Pressman,1997).
• Perangkat lunak
adalah program komputer, prosedur, aturan, dan dokumentasi yang berkaitan serta
data, yang bertalian dengan operasi suatu sistem komputer (IEEE,
1993).
Karakteristik Perangkat Lunak
Perangkat lunak lebih
dikenal sebagai elemen
lojik daripada fisik,
oleh karena itu perangkat lunak memiliki karakteristik
yang berbeda dari perangkat keras :
1. Perangkat lunak
dikembangkan atau direkayasa,
jadi tidak diproduksi
dalam pengertian klasik.
2. Merupakan produk
yang unik (tidak ada seri produksi).
3. Perangkat lunak
tidak pernah akan rusak/aus karena selalu diperbaharui
4. Tidak terlihat
(invisible).
5. Perangkat lunak
pada umumnya dibangun sesuai keinginan, jadi tidak dibentuk dari komponen yang
sudah ada.
6. Fleksibel,
sehingga mudah dimodifikasi.
7. Dihubungkan
(linked) dengan sistem komputer.
Definisi Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak (software engineering) adalah suatu
proses rancang bangun. Beberapa definisi tentang rekayasa perangkat lunak :
• Pembentukan dan
penggunaan prinsip rekayasa (engineering) untuk mendapatkan perangkat lunak
secara ekonomis namun andal dan dapat bekerja secara efesien pada komputer
(Fritz Bauer, 1968).
• Penerapan
pendekatan yang sistematis, disiplin, dan terukur untuk pengembangan, operasi,
dan pemeliharaan perangkat lunak (IEEE, 1993).
• Suatu disiplin
yang mengintegrasikan proses/prosedur, metode, dan perangkat tools untuk
pembangunan perangkat lunak komputer (Pressman, 97).
• Merupakan aplikasi
dari prinsip-prinsip sains untuk
Mengurutkan
transformasi masalah menjadi
solusi yang dapat
bekerja dengan baik
Urutan
pemeliharaan perangkat lunak
tersebut sampai tidak
dapat digunakan lagi (Alan M. Davis)
Proses RPL dimulai jauh sebelum “Coding” dilakukan dan
berlanjut terus setelah versi awal dari
program selesai dikerjakan.
Jadi Kesimpulannya Rekayasa Perangkat Lunak adalah
Suatu di siplin Ilmu yang membahas semua aspek produksi
perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna,
menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian
sampai memelihara system setelah di gunakan
Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah
:
Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada
berbagai jenis Platform.
Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.
Software Applications
System Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk
membantu menjalankan perangkat keras dan sistem komputer.
Tujuan dari system software
adalah membatasi semaksimal mungkin programmer aplikasi dari
kompleksitas sebuah komputer, terutama yang berhubungan dengan akses memori dan
perangkat keras secara langsung.
Termasuk dalam kelompok ini adalah sistem operasi, driver
perangkat keras, perangkat lunak pendiagnosa, windowing system, utilities dan
lain-lain.
Application Software adalah perangkat lunak yang digunakan
membantu manusia mengerjakan tugas-tugas tertentu (kadang tidak berhubungan
dengan komputer.
Tipe-tipe application software antara lain, perangkat lunak
otomatisasi industri, perangkat lunak bisnis, perangkat lunak pendidikan,
perangkat lunak software, database, dan game komputer.
engineering/scientific software
Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and
Scientific Software)
Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi
teknik dan kerekayasaan Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan
komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan
lain-lain.
embedded software
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol suatu produk dan sistem dimana
perangkat lunak tersebut disimpan. Biasanya ditempatkan di ROM, contoh Tombol
di Microwave Oven
product-line software adalah sebuah manufacturisasi pembuatan
dari sebuah perangkat lunak, dimana dalam pembuatan software digunakan konsep
reuse dari pembuatan perangkat lunak.
WebApps (Web applications) adalah aplikasi yang diakses
melalui jaringan seperti Internet atau intranet.
Istilah ini juga dapat berarti sebuah aplikasi software
komputer yang host di lingkungan browser yang dikuasai (misalnya Java applet)
atau dikodekan dalam bahasa yang didukung oleh browser (seperti JavaScript,
dikombinasikan dengan sebuah bahasa markup yang diberikan seperti browser-
HTML) dan bergantung pada browser web umum untuk membuat aplikasi dieksekusi.
Contoh aplikasi web yang banyak digunakan misalnya Yahoo Mail, GMail, Google
search engine, Friendster, YouTube, Flickr, WordPress, dan lain sebagainya.
AI software
Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent
Software)
Dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk
memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan
buatan, contohnya : game, expert sistem, neural network, Turbo Prolog, dan
lain-lain.
Cognitive machine
Cognitive machine merupakan sebuah prangkat pintar yang
memiliki kemampuan untuk mengambil informasi dari lingkungan kerjanya dan
menggunakannya untuk membuat sebuah keputusan hal ini kurang lebih serupa
dengan manusia berpikir. Cognitive machine menggunakan data yang telah
dikumpulkan dan merespon terhadap rangsang atau input yang diberikan. Cognitive
machine bertujuan untuk:
1. Membuat sistem
otonomi termasuk interaktif fisik robot dan karakter sintetis dalam dunia maya
yang mempelajari berkomunikasi dengan cara seperti manusia;
2. Memahami
bagaimana anak-anak belajar untuk berkomunikasi melalui longitudinal dalam
pengamatan vivo dan analisis;
3. Mengembangkan
alat untuk memvisualisasikan, mencari, dan menganalisi corpora besar (misalnya,
video) menggunakan model semantik tugas-dependen.Memotong benang tersebut
penelitian ini adalah suatu kepentingan teoritis dalam memahami bagaimana
struktur kognitif dan proses yang mendasari ketrampilan sosial seperti
menggunakan bahasa yang didasarkan pada interaksi dengan dunia fisik / nyata.
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak RPL
Reviewed by Anam
on
2:23 PM
Rating:

No comments
Post a Comment