Makalah Kewirausahaan Usaha Jamur Tiram

Usaha jamur tiram

A.    PENDAHULUAN
Banyak alternatif bisnis yang bisa dilakukan dari rumah atau bisnis sampingan. Karena sifatnya bisnis sampingan tentu jenis bisnis ini adalah bisnis yang mudah dilakukan dan sedikit modal agar kita dapat memulainya. Desa Honggosoco terdapat sebuah usaha perumahan yaitu usaha jamur tiram. Usaha ini di lakoni oleh ibu Muskaromah, pada tahun 2011. Pada usaha ini terdapat 200 baglog atau media tanam jamur. Baglog – baglog ini dibuat sendiri dengan memanfaatkan tenaga ibu rumah tangga atau masyarakat sekitar, dengan upah 200 /baglog. Baglog – baglog ini terbuat dari serbuk kayu, plastik sebagai pembungkus, bibit, bekatul, dll. Dengan modal kurang lebih Rp 1.500.000.- untuk pembuatan tempat beserta baglog dan pembelian bibit. Baglog – baglog yang sudah lama atau tidak dapat berproduksi lagi akan diganti dengan yang baru. Baglog – baglog ini juga dapat di tambah sesuai keinginan untuk menghasilkan produksi jamur yang lebih banyak lagi.
Dalam satu hari dapat memanen sekitar 5 sampai 10 kg jamur. Jamur – jamur ini di jual dengan harga Rp 10.000,- /kg, dan di pasarkan kepada masyarakat setempat. Jumlah produksi bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan.

B.     ANALISA
Usaha jamur ini baru dimulai tahun 2011 lalu. Awalnya melihat usaha yang di tekuni oleh temannya yang sukses di bidang usaha ini. Ibu Muskaromah pun mulai mencoba dengan beberapa percobaan, ternyata mudah dan hasilnya lumayan cepat. Sedikit demi sedikit usaha ini ditekuni sebagai usaha sampingan. Jamur ini di pasarkan ke masyarakat setempat dan di rumah makan terdekat sesuai dengan hasil yang di peroleh.
Alasan memilih usaha ini adalah karena pemasaran jamur yang standard, dapat di pasarkan ke masyarakat setempat, tidak memerlukan modal yang banyak, tidak memerlukan lahan yang luas sebagai media tanam dan cepat panen.

C.     PENUTUP
Dari kejadian diatas dapat disimpulkan :
1.      Usaha jamur mudah dalam pemasaranya dari berbagai kalangan masyarakat sebagai bahan olah makanan.
2.      Usaha jamur ini juga tepat bila di jadikan sebagai usaha sampingan, karena mudah dan perawatanyapun tidak susah.
3.      Sekecil apapun usaha yang di lakukan, bila di tekuni dengan sungguh – sungguh maka usaha tersebut akan membuat sukses kedepannya.


bagi yang menginginkan versi word silahkan klik >>disini<< atau klik makalah kewirausahaan usaha jamur tiram

Makalah Kewirausahaan Usaha Jamur Tiram Makalah Kewirausahaan Usaha Jamur Tiram Reviewed by Anam on 7:12 PM Rating: 5

No comments