LAPORAN AKHIR PKM KEWIRAUSAHAAN MENGUBAH PAKAIAN LAMA MENJADI PAKAIAN BARU
I.
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Jaman
sekarang sulit rasanya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Rasa jenuh pasti ada
saat menjalani pekerjaan sebagai karyawan perkantoran karena pekerjaan yang
monoton setiap harinya.
Oleh sebab itu, banyak pemuda yang beralih profesi
sebagai wirausahawan dengan modal keinginan, pengetahuan, relasi, kreatifitas
serta kemauan yang pada akhirnya memicu untuk membuka lapangan usaha yang
menjanjikan .
Pakaian lama yang juga disebut pakaian jadul merupakan salah satu baju
yang kurang dilirik dan diminati oleh sebagian masyarakat karena banyak alasan
salah satunya ketinggalan model fashion terkini.
Disini kita menuangkan imajinasi untuk mengembangkan pakaian ini dengan ide, khayalan yang dijadikan kenyataan, dituangkan
dalam sebuah pakaian, contohnya merombak model, memberikan nuansa lain dari
pakaian tersebut, misalnya saja menambahkan pernak – pernik pada pakaian lama, sehingga dapat menghasilkan pakaian baru yang lebih diminati oleh masyarakat.
Perumusan Masalah
1) Bagaimana
cara merencanakan usaha pembuatan pakaian lama ?
2) Bagaimana
cara pembuatan pakaian lama yang lebih menarik ?
3) Bagaimana
cara memasarkan dan memperoleh keuntungan dari usaha tersebut ?
Tujuan Program
1)
Meningkatkan kreativitas
2)
Mengembangkan
kemandirian dan menumbuhkan jiwa wirausaha
3)
Membuat pakaian lama
menjadi lebih menarik dan diminati oleh semua kalangan masyarakat.
Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah suatu
produk berupa daur ulang pakaian dengan menuangkan imajinasi desainer muda ala
anak-anak ABG jaman sekarang yang tidak kalah dengan yang lain dengan hasil
lebih menarik, harga terjangakau, dapat membuka peluang usaha baru sehingga
diminati masyarakat
Kegunaan Program
Diharapkan dengan dikembangkannya pembuatan pakaian jadul
yang di daur ulang mendapatkan suatu yang unik seperti halnya model kreasi
daerah kita sendiri, maka dapat memenuhi permintaan pasar akan berbagai produk
yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu proses produksinya juga dapat membuka lapangan
pekerjaan bagi lingkungan sekitar. Dapat mengurangi jumlah
pengangguran di daerah kita. Jumlah pendapatan juga akan lebih meningkat.

II.
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
1.
Kondisi Lingkungan
Lokasi usaha kami ini tepatnya di Jalan Parang Barong 5 No. 15 Tlogosari Semarang. Kami
memilih untuk memproduksi usaha ini sebagai industri rumahan, sebab kami tidak
perlu menyewa tempat yang sekarang ini di manapun mahal biayanya. Lokasi yang
kami pilih juga dekat dengan pusat kota, sehingga tidak susah dan mahal untuk biaya pemasarannya.
2.
Analisa ekonomi
Sasaran dari usaha ini ditujukan untuk semua kalangan masyarakat baik
menengah kebawah maupun keatas, namun
sasaran utamanya adalah kaum anak muda. Sebab model dan motif unik,
nyaman, trendi dan lucu, sehingga akan menjadi pusat perhatian.
III.
METODE PENDEKATAN
1)
Pencarian
Bahan Baku
Proses
produksinya menggunakan bahan yang sudah jadi, kain apapun dapat digunakan,
bahan ini jenis bahan yang gagal produk dalam fashion, yang sudah ketinggalan
jaman atau tersimpan dalam gudang tetapi
masih dijual dengan harga yang relative terjangkau.
2) Proses produksinya
Proses pemilihan, pembuatan, jahitan baju yang akan direnovasi misalnya :
Proses pemilihan, pembuatan, jahitan baju yang akan direnovasi misalnya :
a)
Kaos atau Kemeja Polos
1. Potong kain perca selebar 3-4 cm sebanyak 5 helai dengan
panjang beragam (15-25) cm.
2. Jelujur masing-masing heli kain perca pada bagian tengah.
Beri sedikit kerutan hingga tinggal 1/2 panjang aslinya.
3. Jahitkan kain perca pada kemeja atau kaos dari arah leher
ke bawah, atur agar kepanjangan kain bervariasi.
b)
Rok atau Celana
1. Pilih motif dari warna kain yang sesuai dengan rok atau
celana kita.
2. Gunting kain perca menjadi bentuk lingkaran atau segi
empat.
3. Dengan blanket stifch jahitlah kain perca di
beberapa daerah rok dan celana kita
3) System Pemasaran
Setelah melewati beberapa tahap dan siap untuk di pesarkan
juga memiliki nilai jual, maka diperlukan metode pemasaran agar memperoleh
hasil yang memuaskan bagi produsen. Banyak langkah langkah yang di tempuh dalam
rangka memasarkan produk diantaranya dengan mempromosikan produk melalui
selebaran, lewat media internet melalui website dan mengadakan even tertentu
dengan tujuan memperkenalkan produk kreatifitas yang di selenggarakan.
Kami
juga ingin mengajak teman teman untuk ikut berkreasi dengan kami serta belajar
untuk berwirausaha. selain mengembangkan usaha kami,juga ingin prodak ini
dikenal masyarakat.
4)
Manajemen
internal
Strategi yang harus dilakukan dalam pengembangan
pakaian lama menjadi baru adalah :
a.
Meningkatkan
kreatifitas, sehingga dapat bersaing dengan produk sejenis di pasaran.
b.
Memperbesar
modal dan peluasan daerah pemasaran dengan menawarkan lewat internet, selebaran
dan kemitraan dengan pihak yang memiliki jaringan bisnis yang luas.
c.
Selalu
memantau kondisi pasar, melihat keinginan konsumen.
IV.
PELAKSANAAN PROGRAM
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Program PKM ini dilaksanakan dari Maret hingga Juni 2012.
Tempat pelaksanaan adalah di Jl. Parang Barong V No. 15 Tlogosari
Semarang. Penjelasan detail yang terkaitdengan waktu dan tempat akan
disampaikan pada bagian Tahapan Pelaksanaan.Berikut ini adalah jadwal kegiatann
program PKM K Mengubah Pakaian Lama Menjadi Pakaian Baru
.
Tabel 1. Jadwal Kegiatan Program
No
|
Uraian
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Persiapan
Kegiatan
|
||||||||||||||||
2.
|
Proses pra produksi
|
||||||||||||||||
3.
|
Promosi dan pemasaran
|
||||||||||||||||
4.
|
Evaluasi kegiatan
|
||||||||||||||||
5.
|
Pelaporan
|
Tahapan Pelaksanaan
a.
Persiapan kegiatan
dilakukan pada bulan Maret. Tahap ini terdiri dari pembelian alat dan bahan.
b.
Praproduksi
Kegiatan
praproduksi dilakukan pada minggu pertama dan minggu kedua setiap bulannya.Materi
kegiatan ini adalah perencanaan produksi, penerimaan pesanan darikonsumen,
pembelian bahan. Tahap pertama adalah perencanaan produksi yang dilakukan
dirumah salah satu anggota PKM. Pada tahap ini dilakukan penyusunan jadwal
detail kegiatan bulan tersebut. Tahap kedua adalah penerimaan pesanan dari
konsumen yang dilakukan di kampus USM yang diawali dengan promosi awal. Tahap
selanjutnya adalah pembelian bahan berdasarkan pesanan konsumen dan peramalan
selera konsumen.
c.
Produksi
Produksi dilakukan mulai dari minggu pertama hingga minggu
keempat setiap bulannya. Kegiatan ini dilakukan oleh ketua dan anggota
pelaksana PKM. Setiap minggu diproduksi 5 buah model,dengan mengutamakan model pesanan konsumen. Pakaian jadi dapat langsungdiambil oleh konsumen.
d.
Pemasaran
Setiap
akhir minggu hasil dari pemrosesan langsung dipasarkan.Pemasaran menjangkau
lingkungan kampus USM dan lingkungan sekitar tempat tinggal ketua dan anggota
pelaksana.
e.
Evaluasi
Evaluasi
dilakukan pada akhir minggu keempat setiap bulannya. Kegiatanini dilakukan di
tempat produksi. Saat evaluasidilakukan pelaporan hasil penjualan dan
penyusunan laporan keuangan.Pada evaluasi juga didiskusikan berbagai kendala
yang dihadapi sepanjang bulan tersebut.
Instrumen Pelaksanaan
Pelaksanaan
program ini ditunjang dengan laptop, kamera digital, alat tulis, alat
komunikasi (telepon selular), dan alat transportasi (sepeda motor danangkutan umum).
Rancangan dan
Realisasi Biaya
5.1 Alat dan Bahan
No
|
Nama
|
Harga (Rp)
|
1
|
Baju bekas
|
Rp 125.000,00
|
2
|
Kaos bekas
|
Rp 75.000,00
|
3
|
Jaket bekas
|
Rp 180.000,00
|
4
|
Celana bekas
|
Rp 235.000,00
|
5
|
Rok bekas
|
Rp 125.000,00
|
6
|
Benang sari
|
Rp 3.600,00
|
7
|
Macam-macam kancing
|
Rp 101.100,00
|
8
|
Macam-macam renda
|
Rp 17.150,00
|
9
|
Benang jahit
|
Rp 1.200,00
|
10
|
Benang sulam
|
Rp 75.000,00
|
11
|
Macam-macam pita
|
Rp 318.000,00
|
12
|
Gunting
|
Rp 30.000,00
|
13
|
Kain fanel
|
Rp 108.000,00
|
14
|
Gantungan baju
|
Rp 90.000,00
|
15
|
Jarum
|
Rp 5.000,00
|
16
|
Pendedel
|
Rp 12.000,00
|
17
|
Karet kolor
|
Rp 84.500,00
|
18
|
Hiasan baju
|
Rp 11.000,00
|
19
|
Pembidang
|
Rp 14.000,00
|
20
|
Mesin jahit
|
Rp 2.650.000,00
|
21
|
Minyak mesin
|
Rp 12.000,00
|
TOTAL
|
Rp 4.272.550,00
|
5.2 Bahan
Penunjang lainnya
No
|
Nama Alat dan Bahan
|
Harga(Rp)
|
1
|
Pewangi
|
Rp 5.000,00
|
2
|
Sabun cuci
|
Rp
27.000,00
|
3
|
Pelicin Pakaian
|
Rp
15.000,00
|
TOTAL
|
Rp 47.000,00
|
5.3 Lain- Lain
No
|
Nama
|
Harga (Rp)
|
1
|
Transportasi
|
Rp 200.000,00
|
2
|
Dokumentasi dan Laporan kemajuan
|
Rp 220.000,00
|
3
|
Gaji Karyawan
|
Rp 750.000,00
|
TOTAL
|
Rp 1.170.000,00
|
5.4
Total Penggunaan Biaya
No
|
Nama Alat dan
Bahan
|
Harga (Rp)
|
1
|
Alat dan Bahan
|
Rp 4.272.550,00
|
2.
|
Bahan Penunjang lainnya
|
Rp 47.000,00
|
3.
|
Lain- Lain
|
Rp 1.170.000,00
|
TOTAL
|
Rp 5.489.550,00
|
Daftar
Harga Terjual Selama 3 Bulan
a.
Bulan
Maret
Minggu ke-
|
Permintaan
|
Jumlah
|
Hasil (Rp)
|
Laba (Rp)
|
3
|
Jaket
|
1 potong
|
40.000
|
10.000
|
3
|
T-shirt
|
3 potong
|
45.000
|
30.000
|
3
|
Kemeja
|
2 potong
|
50.000
|
20.000
|
3
|
Dress mini
|
2 potong
|
55.000
|
25.000
|
3
|
Rok
|
2 potong
|
47.000
|
27.000
|
4
|
Jaket
|
1 potong
|
45.000
|
15.000
|
4
|
T-shirt
|
2 potong
|
33.000
|
23.000
|
4
|
Kemeja
|
1 potong
|
27.000
|
12.000
|
4
|
Dress mini
|
2 potong
|
56.000
|
26.000
|
4
|
Rok
|
1 potong
|
25.000
|
15.000
|
TOTAL
|
203.000
|
b.
Bulan
April
Minggu ke -
|
Permintaan
|
Jumlah
|
Hasil (Rp)
|
Laba (Rp)
|
1
|
Jaket
|
2 potong
|
98.000
|
38.000
|
2
|
T-shirt
|
2 potong
|
38.000
|
28.000
|
2
|
Kemeja
|
3 potong
|
79.000
|
34.000
|
2
|
Dress mini
|
2 potong
|
53.000
|
23.000
|
3
|
Rok
|
2 potong
|
55.000
|
35.000
|
3
|
Dress mini
|
3 potong
|
78.000
|
33.000
|
4
|
Kemeja
|
1 potong
|
27.000
|
12.000
|
4
|
T-shirt
|
2 potong
|
33.000
|
23.000
|
4
|
Rok
|
1 potong
|
26.000
|
11.000
|
4
|
Jaket
|
1 potong
|
45.000
|
15.000
|
TOTAL
|
252.000
|
c.
Bulan
Mei
Minggu ke-
|
Permintaan
|
Jumlah
|
Hasil (Rp)
|
Laba (Rp)
|
1
|
Rok
|
1 potong
|
26.000
|
16.000
|
1
|
T-shirt
|
1 potong
|
15.000
|
10.000
|
1
|
Kemeja
|
1 potong
|
25.000
|
10.000
|
1
|
Dress mini
|
1 potong
|
26.000
|
16.000
|
2
|
Jaket
|
1 potong
|
50.000
|
20.000
|
2
|
Kemeja
|
1 potong
|
27.000
|
17.000
|
2
|
Dress mini
|
1 potong
|
28.000
|
18.000
|
2
|
T-shirt
|
1 potong
|
17.000
|
12.000
|
TOTAL
|
119.000
|
Perhitungan
Laba Selama 3 Bulan
No
|
Bulan
|
Laba
|
1.
|
Maret
|
203.000
|
2.
|
April
|
252.000
|
3.
|
Mei
|
119.000
|
Total Laba Selama 3 Bulan
|
574.000
|
|
Pencapaian Laba
|
574.000 X 100 % = 10,5 % (3 bulan)
5.550.000
|
V.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil kegiatan observasi yang dilakukan di lapangan terutama di pasar
maupun di toko – toko pakaian menunjukan, bahwa model busana yang sedang in fashion saat ini seperti siluet
peplum,motif camo, color-block, dan
lain-lain. Sedangkan busana kerja wanita yang sedang tred saat ini seperti
model kerah setali, kerah sanghai, kerah rever, model asimatris garis hias
princess dan empore, bentuk garis leher V, garis laher U, dan garis leher
persegi yang dihiasi manik – manik dan bentuk lipit dengan bentuk lengan
pendek. Selain itu, kualitas bahan dan teknik penyelesaian yang berbeda. Untuk
harga baju bahan yang belum diproses berkisar antara Rp 25.000 keatas.
Berdasarkan hasil uraian di atas, maka dibentuk suatu usaha dengan nama
“AINI shop” yang dikelola oleh 4 0rang yaitu: Ifa Irmasari, Ade Kurniasari,
Intan Pratiwi D, Ahmad Chansan. Maka disusun struktur organisasi beserta tugas
dan wewenang masing – masing bidang. Struktur organisasi tersebut meliputi Top
Manager ( Ifa Irmasari), Manager Administrasi (Ade Kurniasari), Manager
Produksi (Intan Pratiwi), Manager Pemasaran ( Achmad Chasan). Uraian tugas dan
wewenang masing – masing bidang antara lain :
Top Manager
bertugas merencanakan mengorganisasi, menyusun, mengkoordinisasi, mengarahkan
dan mengawasi proses kegiatan masing – masing bidang, dan berwenang untuk
menentukan identitas usaha, jenis barang yang diproduksi dan mencari solusi
atas permasalahan yang ada.
Manager Administrasi
bertugas membuat laporan keuangan, melakukan tugas tata usaha meliputi
mencatat, menghimpun, mengolah, menggandakan, mengirim dan mengarsipkan data –
data dan surat – surat juga bertanggung jawab terhadap penyeleksi dan menggaji
pegawai, dan berwenang menentukan gaji pegawai, juga berhak menerima dan
memberhentikan pegawai.
Manajer
Produksi bertugas
menganalisis situasi, lapangan, dan kompetitor. Kemudian memberikan strategi
dan senjata kepada angota dan pegawai lain supaya dapat menghasilkan gol.
pegawai adalah para tenaga jual, di Schering disebut medical representative.
Mencetak gol maksudnya mencapai target penjualan.
Manajer pemasaran
adalah ahli khusus pengetahuan menyatukan
kemampuan dengan kelimuan lainnya. Hirarki organisasi, pemasaran
adalah “rumah” kemampuan - suatu tempat sebagai modal intelektual dalam
memelihara pemasaran dan mempertinggi persaingan secara tersendiri. Manajer
pemasaran bertugas menentukan struktur/lokasi pasar mengadakan riset pasar,
menentukan harga jual, mempromosikan dan mendistribusikan hasil produk.
Sedangkan wewenangnya antara lain menentukan kegiatan pemasaran, menentukan
desain pengemasan dan menentukan saluran distribusi.
VI.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan dari pendahuluan sampai hasil dan pembahasannya,
dapat disimpulkan bahwa dalam berwirausaha produksi pakaian jadi berupa baju,
dress, rok, jaket yang dipasarkan dengan berbagai strategi pemasaran (promosi),
sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Dengan demikian rasa kecintaan
terhadap pakaian jadul semakin bertambah dan mulai digemari banyak orang.
Selain itu, dalam berwirausaha dibutuhkan niat dan kegigihan untuk mencapai
tujuan seperti yang telah direncanakan dari semula. Sehingga, kegiatan ini
dapat mrmbentuk jiwa wirausaha kelompok kami untuk mengembangkan usaha ini ke
jenjang yang lebih maju dan berkualitas.
Dalam kegiatan ini, dilatih untuk berani bersaing dengan usaha lain,
yang mana usaha “AINI shop” memiliki cirri khas tersendiri yang dimiliki usaha
ini tetap dipertahankan dan dikembangkan, sehingga, dapat menjadi bekal usaha
dikemudian hari atau di masa mendatang.
untuk download LAPORAN AKHIR PKM KEWIRAUSAHAAN MENGUBAH PAKAIAN LAMA MENJADI PAKAIAN BARU silahkan Klik disini
LAPORAN AKHIR PKM KEWIRAUSAHAAN MENGUBAH PAKAIAN LAMA MENJADI PAKAIAN BARU
Reviewed by Anam
on
10:13 AM
Rating:
No comments
Post a Comment